Cara Mendapatkan Lebih Banyak Ulasan dan Peringkat Pelanggan Online

Dengan hampir 9 dari 10 konsumen membaca ulasan sebelum melakukan pembelian, tidak heran merek memprioritaskan umpan balik pelanggan mereka. Ulasan dan penilaian pelanggan memiliki pengaruh yang sangat besar, tidak hanya dalam hal perilaku pembelian tetapi juga persepsi terhadap merek.

Kabar baiknya adalah, ada beberapa cara untuk mengumpulkan umpan balik dari pembeli Anda , sehingga Anda dapat memberi calon pelanggan wawasan berharga yang mereka butuhkan untuk berbisnis dengan Anda. Ini adalah cara cerdas untuk mempelajari lebih lanjut tentang pengalaman pelanggan yang sudah ada, serta mengembangkan bisnis Anda dengan audiens baru atau serupa.

Berikut ini cara mendapatkan lebih banyak ulasan dan penilaian pelanggan untuk mendukung inisiatif merek Anda.


Salah satu waktu terbaik untuk meminta ulasan dari pelanggan Anda adalah tepat setelah mereka menerima barang atau mengunjungi Anda. Jika Anda memiliki alamat email pelanggan , Anda dapat melakukannya dengan mengirimkan email tindak lanjut. Pastikan untuk berterima kasih kepada penerima dan kemudian meminta ulasan di Google, Yelp, situs web Anda, atau situs pihak ketiga lainnya dengan menyertakan tautan

Seperti yang Anda lihat, email bisa sederhana dan lugas tanpa elemen desain yang mencolok. Lagi pula, tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan ulasan pelanggan, jadi yang terbaik adalah tidak menawarkan terlalu banyak gangguan. Opsi lainnya adalah menggabungkan fungsionalitas peringkat dan ulasan, seperti yang dilakukan Target dalam email tindak lanjut mereka:

Pesan Langsung


Jika Anda tidak memiliki alamat email, atau Anda sedang mencari cara tambahan untuk menjangkau ulasan pelanggan, maka pertimbangkan untuk mengirim surat langsung. Jelas, Anda memerlukan alamat surat pelanggan Anda untuk pendekatan ini, tetapi kotak surat mungkin lebih sepi hari ini daripada kotak masuk. Kirim kartu pos sederhana yang meminta ulasan pelanggan di situs web Anda, Google, atau Amazon dengan menyertakan tautan. Atau, sertakan kode QR yang dapat dipindai oleh pelanggan dengan ponsel mereka dan langsung buka situs tempat Anda meminta ulasan mereka.

Meskipun Anda dapat mengirim surat langsung setelah pembelian atau kunjungan, Anda juga dapat mendistribusikannya dalam paket yang dikirim ke pelanggan atau di tas yang Anda berikan kepada pembeli saat mereka membeli barang di lokasi fisik Anda.

Penawaran khusus

ukkan di bagian sebelumnya, cara lain untuk mendapatkan lebih banyak ulasan dan penilaian pelanggan adalah dengan memberi penghargaan atas tindakan tersebut. Dalam contoh surat langsung, merek menawarkan produk gratis sebagai imbalan atas umpan balik. Hadiah dapat menjadi motivator yang kuat bagi pelanggan Anda, jadi jika Anda memiliki anggaran maka Anda mungkin ingin mempertimbangkan insentif tambahan ini, seperti:

Produk atau layanan gratis


Kode diskon untuk pembelian di masa mendatang
Ikut kontes (untuk memenangkan hadiah belanja atau kartu hadiah.

Media sosial


Jika merek Anda memanfaatkan media sosial , maka itu bisa menjadi kesempatan berharga untuk meminta ulasan. Baik melalui pesan langsung ke pelanggan individu, atau dengan konten yang Anda publikasikan ke umpan berita reguler, Anda dapat memanfaatkan koneksi media sosial Anda untuk meminta umpan balik yang jujur ​​dari pelanggan di komunitas media sosial Anda. Untuk mempermanis pot, Anda bisa menyebutkan beberapa ulasan yang mungkin dibagikan di akun media sosial Anda, yang bisa menjadi tawaran menarik bagi pembeli yang tidak keberatan dengan perhatian itu.

Jika Anda ingin mempelajari cara mendapatkan lebih banyak ulasan dan penilaian pelanggan, cobalah salah satu saran ini. Baik Anda memilih email, surat langsung, media sosial, atau menambahkan penawaran khusus, Anda dapat melihat apakah pendekatan tersebut membantu Anda memperoleh lebih banyak umpan balik. Jika tidak, cobalah salah satu strategi lain untuk melihat apakah Anda mendapatkan lebih banyak daya tarik.